. >>>

23 Agustus 2009
Dibaca :

Self Defensive against Stress: LAWAN !

Stres dapat menyerang siapa saja. Selama kita bekerja, baik yang bekerja dengan modal sendiri ataupun yang menerima upah atau gaji.
Semua lingkup pekerjaan ataupun profesi terbiasa dihadapkan dengan stres menurut level dan stadium kerja masing-masing. Untuk pekerjaan di lingkungan bisnis jasa pemasaran keuangan yang keras seperti yang saya geluti boleh dikatakan bahwa stres itu adalah hal yang biasa dan dalam level yang cukup tinggi.

Memang adakalanya stres itu diperlukan sebagaimana menurut teori ”Semesta Mendukung” (MESTAKUNG). Katanya, apabila manusia terjebak dalam tekanan ataupun stres secara alami tubuh kita akan menyesuaikan diri dan mencari cara untuk mengimbangi tekanan tersebut. Tekanan juga dapat menjadikan kita kreatif untuk keluar dari comfort zone kita.
Tetapi seringkali stres itu tanpa kita sadari justeru tidak terkendali sehingga membawa kita ke dalam kondisi yang semakin mengerikan. Jangan biarkan diri anda larut dalam stres. Stres yang terlalu sering akan mempercepat proses penuaan dini dan juga memicu pertambahan radikal bebas yang membuat rentan terhadap penyakit.
Stres yang saya maksud disini adalah stres yang telah berubah menjadi kelelahan mental.

Seperti apa rasanya lelah mental itu?
Ini adalah seperti perasaan ketika setiap bangun pagi anda merasakan kelambanan pikiran dan kemalasan yang amat sangat untuk bangkit dari tempat tidur. Kemalasan itu bukan karena badan kurang tidur atau masih mengantuk, tetapi hanya karena membayangkan pekerjaan yang mungkin terjebak masalah yang rumit berkepanjangan hingga anda lelah dan enggan untuk menghadapinya. Atau mungkin juga karena situasi deadlock yang membuat anda merasa seolah dunia sudah sama rata dan anda berjalan lunglai menuju arena hukuman mati. Dimana 12 anggota regu penembak dengan senjata laras panjang berdiri di hadapan anda.

Maka, sebelum stress berubah menjadi kelelahan mental, dengan melakukan beberapa kebiasaan berikut dapat membantu kita yaitu:

1. Selalu sarapan pagi dan memberi tubuh asupan gizi yang cukup.
2. Hindari jebakan rutinitas, baik dalam kantor maupun di rumah. Di kantor dapat dimulai dengan menempuh rute aktivitas yang berbeda-beda, mengunakan waktu makan siang untuk berjalan kaki keluar melihat-lihat, atau pergi ke perbelanjaan terdekat, merapikan meja kerja. Di rumah dapat dimulai dengan cara mengubah tampilan kamar, menata ulang dapur, dan lain-lain.
3. Selalu berpikiran positif dengan menganggap segala sesuatu ada sebab akibatnya secara wajar.
4. Lakukan hobi sekecil dan sesederhana apapun itu. Hobi membantu otak tetap rileks.
5. Berbicara dan tertawalah minimal 5-10 menit per-hari dengan sesama rekan kerja.
6. Jangan mau terlihat kuyu dan kusut, bersikaplah wajar dan jangan menambah beban anda dengan berperilaku berlebihan, misalnya pelarian ke minuman beralkohol, merokok, memakai obat penenang ataupun sejenisnya. Karena dengan berperilaku wajar menghindarkan anda dari perasaan bersalah sehingga membangkitkan percaya diri anda.
7. Istirahat dengan tidur yang cukup. Tidur merupakan mekanisme tubuh untuk mengembalikan sel tubuh yang sudah lelah atau rusak.
8. Berendam air hangat dapat meredakan ketegangan otot dan memperlancar aliran darah.
9. Lakukan olahraga. Tidak harus olahraga yang berat dan serius. Berjalan kaki minimal 15 menit di pagi hari atau sore hari sudah cukup untuk anda yang memiliki jam kerja tinggi sehingga badan terlihat bugar.
10. Yang terakhir dan yang sangat penting adalah pikirkanlah yang baik-baik dan lurus-lurus saja dengan memelihara hubungan terhadap Dia sang pencipta sesuai aliran dan kepercayaan masing-masing.

Demikian menurut saya, setelah membaca dan merangkum dari berbagai sumber. Hanya satu kata untuk STRES yaitu: LAWAN !
[*]
written by me;in contribute to http://simahir.blogspot.com






Share





Artikel Lainnya

15 komentar:

Henny Y.Caprestya mengatakan...

baca..baca..baca..
artikel yang menarik. makasih atas sarannya bang..

Gaby mengatakan...

Setuju banget
sarapan itu kunci semuanya
dengan sarapan, itu merupaka sumebr energi anda seharian..
lebih baik sarapan drpd makan siang kcptan n dalam perut sakit n kepala pusing (mamah ku sering soalnya)

YolizZ mengatakan...

sip neh tipsnya... aku kalo udah stress jd ga konsen mo ngapa2in,, jd bener2 musti dilawan neh...

ducky mengatakan...

salam kenal....

ayo lawan stress!

Arfi mengatakan...

patut dicoba.... aku lagi stress nih....

♥ Neng Aia ♥ mengatakan...

lawan dengan kesabaran dan keteguhan hati :)

Nadja Tirta mengatakan...

Wah pas banget nih artikelnya..
Makasih sob :)

Bandit Pangaratto mengatakan...

kunjungan balik...

nice info bang...

Dulu saya waktu nakal-nakalnya nge blog di intranet, pernah saya bilang kalo saya stress saya pasti membayangkan expresi dinosaurus yang sedang melahirkan...


heheheh
seringkali berhasil ..

:p

buwel mengatakan...

makasih infonya...

a-chen mengatakan...

mantabbbbb

Itik Bali mengatakan...

Stress kudu dilawan
kalo engga, jadi tambah stress lagi
he/he

areta mengatakan...

LAWAN!!

kalo udah lelah melawan, bersahabatlah dengan stress. hehehe...

=)

nara mengatakan...

mantap tipsnya bang, terkadang hal sepele bisa terlupakan karena kesibukan beraktivitas :)

akhatam mengatakan...

mantap nih bro... met kenal yah...

ahlihipnotis mengatakan...

Mantap bung...salam kenal y

Posting Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini