. >>>

21 Juni 2009
Dibaca :

Remis


Bercengkerama dengan anak di antara desiran ombak dan hamparan pasir sebagus ini mungkin adalah dambaan setiap keluarga. Tetapi ibu muda ini bukannya sedang menikmati keindahan pantai dan serunya bermain pasir..

Setelah ditinggal suami yang memilih kembali ke kampung di gunung (Berastagi) oleh karena kerasnya hidup sebagai nelayan, ia terpaksa memutar otak untuk menghidupi dirinya dan kedua anaknya. Dengan keberadaan kedua anaknya yang masih kecil itu ia belum mampu bekerja keluar sebagaimana layaknya wanita normal. Sedangkan untuk nafkah sehari-hari ia tidak bisa hanya menunggu kiriman dari suami yang sering terlambat dan tidak jelas. Untuk itu dengan segala keterbatasan peralatan ia mencoba mencari rezeki di kawasan yang menjadi tujuan wisata lokal ini.

Kadang ia mendapat rezeki dengan penawaran bantuan jasa angkat barang dan pemandu di kawasan wisata ini. Tetapi itu sangat jarang dari sekian ratus pengunjung belum tentu ada pengunjung yang mau memanfaatkan jasanya. Kalau sudah begini ia hanya bisa mengandalkan kedua tangannya mencari ikan kecil ataupun hewan lunak lainnya disekitar pantai dangkal.

Pada saat kujumpai dan kujepret diam-diam ibu ini sedang mengorek pasir pantai dengan tangan kosong, yang dicari adalah sejenis tiram/kerang kecil sebesar biji jagung namanya “Remis”. Setelah penuh 1 atau 2 kemasan gelas air mineral maka ia akan pulang dan merebusnya dengan tambahan bawang soup dan garam. Remis inilah lauk untuk pendamping nasi putih. “Sedap juga rasanya, Bang” katanya sembari menambahkan kalau iapun menyadari kedua anaknya sudah cukup bosan karena terlalu sering menikmati menu makan malam seperti itu. Tetapi mau bagaimana lagi, suami gak pulang-pulang.[*] (Lokasi: Pantai Kuala Putri Kec. Pantai Cermin)





Share





Artikel Lainnya

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Nice post.

Saya berkunjung lumayan teratur ke blog ini beberapa hari belakangan ini. Isinya bagus, natural, spontan, mencoba lepas dari sekedar ikut-ikutan nge-blog atau jangan sampai sekedar memenuhi target jam tayang.
Cuma..., mgkn skin atau wajahnya perlu di make over.


Great Blogging takes your time and attenttion much.

Keep blogging


Your Older Brother

Posting Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini